(CSR) PT Semen Indonesia Tbk

Semen 3 Mita..begitu saya biasa disapa, walaupun lahir di ibu kota Jakarta,..tapi Sidoarjo adalah rumah saya. Kami hijrah di tahun 2004, sudah 10 tahun lebih yaa, ‘time flies’, saya pribadi selain aktif di lingkungan desa (kader Posyandu, bunda PAUD, kader sub-PPKBD) juga mencoba aktif di sosial media, karena sungguh menjadi candu yang tentu saja banyak sekali manfaat yang saya pernah raih..aahh bahagia sederhana.

Tertarik pada acara Wisata Green Industry Semen Indonesia, 13 Desember 2014 yang saya update infonya dari facebook, sayapun mengajukan pendaftaran, tentu saja syarat dan ketentuan berlaku, dengan iringan harap-harap cemas, karena masih harus melewati seleksi.., dag dig dug menanti.., dan eng-ing-eng..sujud syukur saya terpilih.. dari hampir 400 calon..sungguh percaya akan kekuatan do’a pun semesta mendukung..,pengalaman visiting..semoga manfaat-barokah.

Semen1Sssstt..walaupun acara Wisata Green Industry Semen Indonesia, 13 Desember 2014 telah usai,tentu saja dengan lancar,selamat, dan memberi kesan yang tidak mudah dilukiskan dengan kata (karena terlalu manis untuk dilupakan-spt lirik lagu yaa ^.^) saya dapat bocoran info dari panitia bahwa bukan berarti program share berhenti begitu saja.

Dan hei…. rasanya seperti sayur kurang garam jika tidak ada kejutan spesial di program #wgisemenindonesia. Yup masih ada beberapa hadiah menarik yang akan diberikan untuk peserta yang bersedia menulis pengalaman visiting tersebut ke dalam blog..,hip hip huraaa..ikutaaann yuukk, tak lupa dengan mengharap Ridho Ilahi.. mohon perkenan untuk bisa berbakti bagi negeri.. hopefully..

CSR, merupakan tema yang saya pilih, rasanya seperti ‘klik’ di hati♥ hal ini sebagai bentuk solidaritas, juga berharap dengan CSR kita bisa sama-sama berbagi kekuatan dan manfaat untuk keluarga, kerabat dan warga di sekitar industri Semen Indonesia khususnya juga seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Jujur dengan keterbatasan yang saya miliki.. maka saya pun mencuplik it’s all about CSR ini dari http://www.csr-semenindonesia.com

Semen 2Mohon ijin dan perkenan yaa – jikapun ada kekurangan..ini murni dari saya pribadi. *CMIIW (correct me if I am wrong).

CSR adalah investasi sosial yang dapat menopang keberlangsungan perusahaan melalui dukungan masyarakat yang telah merasa memiliki perusahaan, karena keberadaannya memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Hubungan saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat akan menciptakan hubungan personal yang saling memiliki dan rasa untuk saling membantu satu sama lainnya.

Corporate Social Responsibility” (CSR) PT Semen Indonesia Tbk memiliki empat pilar program atau tanggung jawab sosial perusahan yaitu :

  1. Semen Indonesia Cerdas,
  2. Semen Indonesia Sejahtera,
  3. Semen Indonesia Peduli dan
  4. Semen Indonesia Lestari.

Adapun sedikit rincian masing-masing program CSR:

  1. anak-sdSemen Indonesia Cerdas : berkaitan dengan tanggung jawab perusahaan dalam menciptakan sumberdaya berkualitas melalui pemberian Beasiswa kepada Siswa mulai Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga Perguruan Tinggi di area operasi Semen Indonesia. Juga terdapat program peningkatan kualitas guru, hingga Wirausaha Muda Kokoh yang memfasilitasi generasi muda untuk berwirausaha. Para pelajar dan mahasiswa, selain diberi beasiswa pendidikan, juga difasilitasi modal untuk memulai bisnis dan diberi bekal dasar kewirausahaan. Sektor pendidikan menjadi kunci utama meraih kemandirian di masa depan agar tumbuh menjadi masyarakat maju, bermanfaat, sukses dunia – akhirat.
  1. Semen 4Semen Indonesia Sejahtera : merujuk pada upaya korporasi membangun ekonomi masyarakat melalui pemberian permodalan menuju kemandirian, peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi warga dilakukan pemberdayaan ekonomi, kesehatan, juga bantuan infrastruktur. Untuk Bidang Ekonomi kegiatan difokuskan pada pengembangan pola pendampingan yang dilakukan melalui penyaluran, pembinaan manajerial yang berkesinambungan dan mempromosikan produk-produk mitra melalui pameran di dalam dan di luar negeri. Semen Indonesia mempunyai 13 ribu UMKM mitra binaan yang sudah menyerap lebih dari 60 ribu tenaga kerja. Para UMKM ini difasilitasi pinjaman lunak, pelatihan, dan promosi hingga ke luar negeri.dengan mengedepankan aspek pemerataan, kemandirian, professional dan etika..salam salute membangun untuk negeri.
  1. Foto-berita-salurkan-bantuan-12-miliarSemen Indonesia Peduli : berkaitan dengan sentuhan-sentuhan program kepedulian masalah sosial, keagamaaan, kebudayaan, seni serta olah raga, juga penanganan bencana alam. Adapun kepedulian yang responsif dan tanggap diantaranya terhadap bencana erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur, pembangunan ruangan baru berupa aula bagi Jurusan Teknik Kimia ITS, menyelenggarakan kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Rembang dengan memberikan 4000 paket sembako dan 10.450 sarung. Nilai bantuan yang disalurkan mencapai Rp 1,2 Milliar.., dan tentu saja masih banyak kepedulian Semen Indonesia untuk negeri yang sungguh bahagia dan bangga bisa menjadi saksi kepedulian Semen Indonesia.
  1. packing-plantSemen Indonesia Lestari : yang merujuk pada tanggung jawab perusahan menjaga dan melestarikan lingkungan serta energi. Namun yang paling penting dari semuanya itu adalah bagaimana mempersiapkan sumber daya handal dan berkualitas, perusahaan memastikan keberlanjutan lingkungan mulai dari proses pra-sampai pasca-tambang. Proses produksi juga dilaksanakan dengan teknologi ramah lingkungan, sehingga Semen Indonesia tercatat sebagai salah satu perusahaan semen dengan konsumsi listrik terendah di dunia. Bahan bakar alternatif dari limbah pertanian digunakan untuk menggantikan batubara. Semen Indonesia menggunakan teknologi kering, sehingga sangat hemat air, bahkan lebih banyak menggunakan air hujan dan air buangan yang ditampung, dan proses ulang untuk kebutuhan pabrik. Salah satu implementasi pada program Semen Indonesia lestari adalah turut pada program mangrove center di Tuban, bantuan 10.000 bibit mangrove pada kegiatan penanaman mangrove di Rembang, kegiatan lainnya adalah adalah program pengolahan sampah kota di Gresik menjadi bahan bakar alternatif.

Pepatah Jawa pun menyambut “Gusti Allah mboten sare” (Tuhan tidak tidur) maka atas komitmennya membangun kemandirian masyarakat lewat program pendidikan, permodalan serta pelestarian lingkungan dan energi, PT Semen Indonesia Tbk meraih Antaranews “Corporate Social Responsibility” (CSR) Award 2014. Ini tentu saja membanggakan tetapi sekaligus menjadi tantangan agar Semen Indonesia terus termotivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi melalui program CSR.

Foto-berita-antaranews-csr-awardTeruntuk Semen Indonesia, terima kasih untuk Wisata Green Industry di pabrik Tuban, terima kasih atas semua karya anak negeri dan cinta kasih. Saya sangat percaya bahwa masyarakat dan bangsa Indonesia meletakkan harapan dan keinginan kokoh, untuk Semen Indonesia senantiasa mampu berdiri tegak, di tengah gempuran semen-semen luar negeri.

Semen Indonesia..semoga tidak pernah lelah untuk terus berkarya , teruslah menjelma sebagai sosok yang ajaib tapi sederhana.

Jikalah bahagia akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti dirasakan sendiri, sedang berbagi akan membuatnya lebih bermakna.

Jikalah hidup akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti diisi dengan kesia-siaan belaka, sedang begitu banyak kebaikan bisa dicipta.

Semoga perjuangan Semen Indonesia yang sudah kita arungi bersama seluruh bangsa Indonesia tetap dalam bingkai rahmat TuhanYME, dan semoga kita bisa berbagi kekuatan bergandengan tangan dalam menjalankan peran besar yang bermanfaat bagi sesama.

Winwin

*Till we meet again, Salam #WGISemenIndonesia

Advertisements