“WEGI 3” Semen Indonesia – menelusuri jejak 6 Juni’15. #wegreenindustry

PS : kisah ini berdasarkan kisah nyata tentang  perjalanan “we green industry-WEGI 3” (awalnya aku kira “wisata edukasi” = we) ..yang dihelat oleh PT Semen Indonesia..semoga berkenan ya.., salam silaturahim ♥

wwgi3-1

Sabtu, 6 Juni 2015 kali ini berbeda dengan Sabtu biasanya, hari ini diperingati sebagai hari lahir Bapak Proklamator kita ; “JASMERAH” (jangan sekali- sekali melupakan sejarah). Ungkapan Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno yang meresmikan berdirinya pabrik Semen Gresik pada 7 Agustus 1957…, juga hari dimana aku menelusuri jejak : 3 lokasi, 3 kisah, 1 tujuan WEGI 3.

Kalau tidak salah (belum tentu benar:)) jarak antara Surabaya-Tuban sekitar 91 km atau diperlukan + 2 jam perjalanan dari kota Surabaya, akan tetapi sungguh situasi jalan raya kali ini kurang brsahabat..maaceettt panjang, panas terik, pendingin bus yang justru terasa sebagai pemanas, terkantuk-kantuk..hingga 5 jam kemudian aku baru bisa touchdown ^.^..#lelahnyatuhdisini, tapi sungguh lelah ini semoga membawa manfaat barokah, pun tersembuhkan oleh support yang diberikan oleh PT Semen Indonesia, matur nuwun ingkang katah njih.

wegi3-9

3 lokasi, 3 kisah, 1 tujuan :

  1. Lokasi pertama : Pujasera (pusat jajan serba ada) binaan PT Semen Indonesia di Gresik. Semen Indonesia terus melakukan penguatan kapasitas UKM mitra binaan. Perseroan mempunyai sekitar 14.332 mitra binaan yang bergerak di bidang usaha mulai dari perdagangan, kuliner, agribisnis, industri kreatif, hingga berbagai sektor industri kecil lainnya. Mitra binaan tersebut tersebar di berbagai daerah, terutama di basis usaha perseroan, yaitu di Gresik, Tuban Jawa Timur dan Rembang.
    wegi3-2
    Yang masih tergabung dalam lokasi pertama ; adanya wisma “IIKSMI” (ikatan istri karyawan Semen Indonesia), para istri karyawan perusahaan bergabung dalam Ikatan Istri Karyawan Semen Indonesia (IIKSMI) guna mendukung kinerja karyawan Semen Indonesia.
    wegi3-3
    dan tentu saja berdiri dengan gagah ; gedung utama Semen Indonesia..
    wegi3-5
    lingkungan yang terbuka, betapa tersirat untuk selalu dekat dengan warga dan lingkungan sekitar, silaturahim yang terjalin mampu meningkatkan kesejahteraan dan kebahagian warga Gresik pada khususnya, juga seluruh masyarakat Indonesia secara umum  :))
    wegi3-11
    Di wisma ini, ada kata2 mutiara yang langsung melekat dalam kalbu “pertahankan 51% saham RI di Semen Gresik”.. miris membacanya kenapa kita ‎harus dan atau hanya bisa bertahan di 51%?? kenapa tidak kita tingkatkan menjadi 100% saham RI.., seratus persen milik bangsa Indonesia?? .. dalam do’a ku panjatkan semoga kita mampu menjadi pemilik sah, menjadi raja di negeri sendiri…
    wegi3-4
  2. Lokasi kedua : Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di kelurahan Ngipik – Gresik.
    wegi3-6
    Sstt.. jangan bayangkan tempat yang basah, kotor, kumuh, seperti TPA pada umumnya, tapi banyak robot2/mesin modern yang membuat sirna rasa enggan / jijik di lokasi. Aku dan peserta mendapat penjelasan tentang bagaimana bentuk kepedulian PT Semen Indonesia dalam membantu menangani masalah sampah yang datang dan menggunung setiap harinya.Waste To Zero Project
    wegi5-7
    – salute dengan program ini yang sungguh memiliki komitmen untuk menyelamatkan lingkungan, antara lain menggunakan sampah sebagai bahan bakar alternatif, melalui proyek refused derived fuel (RDF), semoga nantinya bisa menjadi panutan dan diterapkan di seluruh Indonesia.., mewariskan hanya yang terbaik untuk para putra-putri bangsa.Yang lebih ajaib-nya.., believe it hanya berjarak beberapa meter dari TPA.. terdapat “Telaga Ngipik”.. iya telaga yang sungguh asri. Botanical garden menjadi bagian dari Heritage Semen Indonesia yang memanfaatkan lahan Danau Ngipik seluas 48,92 hektare. Di lahan yang kini banyak dimanfaatkan untuk bermain ski air ini akan disulap menjadi taman bermain dengan konsep taman budaya yang memadukan seni, ilmiah dan wisata.
    wegi3-8
    Riwayat Telaga Ngipik ini sendiri terbentuk dari penambangan tanah lapang oleh PT Semen Indonesia, demi menghindari kerugian pada alam, PT Semen Indonesia bekerja sama dengan organisasi Bina Lingkungan dan berinisiatif membuat lingkungan di sekitar pabriknya agar terhindar dari polusi akibat limbah industri. Lalu difungsikanlah lahan berlubang itu menjadi telaga Ngipik. “we build the better future”
  3. Lokasi ke tiga – Pabrik Semen Indonesia, Tuban :
    Walaupun tanpa ada “red carpet”..:)) memasuki gedung utama, aku mendapatkan sambutan hangat dari para panitia. Menatap makanan, minuman serta buah telah disajikan dengan rapinya di meja, tanpa jeda waktu akupun fokus – sedikit terharu.., betapa rejeki anak sholehah itu nyata.., hihihi, (melirik dari ekor mata..: banyak temen kok yang ambil porsinya lebih fokus:))
    wegi3-14
    Setelah ramah-tamah, presentasipun dimulai, beberapa nara sumber sudah siap untuk memaparkan masing-masing presentasinya. Inti yang dapat aku catat adalah: PT Semen Indonesia sebagai bagian dari implementasi Tripple Bottom Line (Profit, People dan Planet), yaitu bagaimana meningkatkan pertumbuhan profit, memberdayakan people serta menciptakan planet yang bersih dan sehat. ‎Semen Indonesia berupaya melakukan pengembangan terhadap masyarakat, diantaranya Community Services(Pelayanan pada Masyarakat),Community Relation (Hubungan Masyarakat) dan Community Empowerment (Pemberdayaan Masyarakat).

Baiklah lanjut “̮ Oτώ keliling pabrik aja yuukk.. #.bila kamu di sisi-ku hati♥ rasa syahdu.. (sambil nyanyi kecil..biar tetap cemungudh eaa).

wegi3-13

Ini bukti bukan dongeng, dengan program penghijaun Semen Indonesia yang terus senantiasa diterapkan, lokasi pabrik yang berpolusi dapat diredam, hingga sejauh mata memandang..tanaman dapat tumbuh subur, jenis pohon yang ditanampun  adalah tanaman pelindung dan produktif (ex: pohon Jati), sehingga secara tidak langsung mendatangkan manfaat bagi penduduk setempat, juga lingkungan alami sekitar pabrik.

Semen Indonesia bertekad menerapkan keberhasilan pengelolaan lingkungan  di Tuban yang pernah mendapatkan PROPER EMAS dari Kementerian Lingkungan Hidup, di lokasi pabrik lainnya, juga tetap konsisten menjalankan upaya-upaya peningkatan kualitas lingkungan.masyarakat.

3 lokasi, 3 kisah, 1 tujuan : WEGI 3

Teruntuk Semen Indonesia, terima kasih untuk WEGI 3, terima kasih atas semua karya anak negeri. Yakin dan percaya bahwa masyarakat dan bangsa Indonesia meletakkan harapan dan keinginan kokoh, untuk Semen Indonesia senantiasa mampu berdiri tegak, di tengah gempuran semen-semen luar negeri.

wegi3-15

Semen Indonesia..semoga tidak pernah lelah untuk terus berkarya.‎

Jikalah bahagia akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti dirasakan sendiri,
sedang berbagi akan membuatnya lebih bermakna.

wegi3-16
Jikalah hidup akan menjadi masa lalu pada akhirnya, ‎mengapa mesti diisi dengan kesia-siaan belaka, ‎sedang begitu banyak kebaikan bisa dicipta.

Semoga perjuangan Semen Indonesia tetap dalam bingkai rahmat TuhanYME. ωίƨђ ü all ϑ’вεƨŁ ♥

wegi3-17

Till we meet again – WEGI4 @Rembang *hopefully™

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s