“Philips AVENT New Parent Class” – Menjadi Momentum Dalam Pekan ASI Sedunia 2016

Memiliki tiga buah hati yang dalam bahasa Jawa diistilahkan dengan “sendang keapit pancuran” (laki2 – perempuan – laki2 / anak perempuan yang jadi si tengah) sungguh merupakan anugerah terindah.., bahagia dan amanah yang menjadi jendela juga pintu untuk meraih keberkahan..semoga ^.^

Dengan kemudahan dan keajaiban dalam proses melahirkan secara normal.., sujud syukur ananda bertiga mampu meraih prestasi “ASI eksklusif” (full hanya air susu ibu selama 6 bulan) dan berlanjut hingga lulus ASI di usia 2 tahun.
Jika mengenang masa menyusui yang harus bangun tengah malam demi memenuhi asupan gizi sang buah hati, padahal baru saja akan tidur untuk 2 jam.., sungguh tidak  terlukiskan rasanya.., tapi terkadang ada mimpi untuk bisa mengulang kembali masa itu.., masa menyusui yang luar biasa indah
Jujur keberhasilan dalam menyusui, bukan hanya didukung oleh semangat juang pribadi, tetapi juga faktor makanan, lingkungan, dan keluarga.
Besarnya peran suami yang seakan tidak pernah lelah.., suami yang rela bangun tengah malam untuk mengganti popok, atau juga memijat punggung belakang ketika menyusui, bertambah sayang dan bahagia, hingga tak berlebihan rasanya jika berterimakasih tulus kepada suami.
*ILU ..
Masa kini.., mencoba untuk berbagi kebahagiaan dan berpartisipasi dengan turut menggaungkan manfaat ASI eksklusif, dengan menghadiri acara Philips AVENT yang memperkenalkan program edukasi yang diberi nama :
 “Philips AVENT New Parents Class”. 

Sebuah kegiatan untuk mempersiapkan para calon orang tua baru dalam menyambut peringatan World Breastfeeding Week” yang jatuh pada 1-7 Agustus setiap tahunnya.

Adapun Pekan ASI Sedunia Tahun 2016 mengambil tema “Breastfeeding; A Key to Sustainable Development”. Sedangkan tema nasional :
“Ibu Menyusui Sampai 2 Tahun Lebih Hemat, Anak Sehat dan Cerdas; Dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Sejahtera”

pav3

Acara  Philips AVENT New Parents Class diselenggarakan pada hari Sabtu – 30 Juli 2016, kurang lebih 200 peserta memenuhi aula Java Paragon Hotel – Surabaya.
Momentum ini juga menjadi ajang kampanye bagi para peserta untuk mendukung ASI eksklusif, dengan menorehkan prasasti berupa cap telapak tangan, memberikan kesan tersendiri..berbeda dan istimewa.
Besar harapan pemberian ASI eksklusif bisa mencapai hingga 80%, meningkat dan terus membaik dari realita saat ini yang baru berada di kisaran 54,3 % (data Kementrian Kesehatan).

Kelas edukasi pagi ini dibuka oleh Ibu  Ratna Kurniawati ;  Marketing Manager Mother and Child Care, Philips Personal Health Indonesia,  beliau menjelaskan –

Philips AVENT bekerja sama dengan 12 Rumah Sakit ternama di kota besar Indonesia dan dengan melibatkan para ahli yang akan membekali para calon orang tua tentang Manajemen Laktasi, Perawatan Bayi dan MPASI. akan menyelenggarakan program :
“Edukasi New Parents Class”..,
Selain sebagai upaya untuk membangun kepercayaan diri dan dukungan tidak hanya bagi ibu tetapi juga bagi ayah, serta dalam rangka meneruskan komitmen mendukung pemberian ASI eksklusif sesuai rekomendasi WHO agar ASI eksklusif diberikan hingga bayi berusia 6 bulan.
pav9

Ibu Ratna Kurniawati

Rangkaian acara selanjutnya menghadirkan Dokter dan Bidan, diantaranya :

  • Dr. Dian Pramastuti SpA dari RS Siloam Surabaya, menyampaikan pembekalan perihal “Manajemen ASI” ;  
        – Kolostrum :  adalah ASI khusus berwarna kekuningan, agak kental, dihasilkan sampai hari ketiga setelah bayi dilahirkan, mengandung protein dua kali lipat dibandingkan ASI. Kolostrum juga kaya antibodi dan sel darah putih yang melindungi bayi terhadap infeksi dan alergi, juga mengandung faktor-faktor pertumbuhan dan kaya vitamin A. ‎
       – IMD (Inisisasi Menyusui Dini) : dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam setelah melahirkan. Setelah itu dilanjutkan dengan rooming in/ rawat gabung, sehingga ibu dapat menyusui kapanpun bayi mau menyusu. IMD juga membantu ibu dan bayi membentuk hubungan yang erat dan penuh kasih sayang
       – Posisi menyusui yang benar : Kepala dan badan bayi dalam garis lurus,  bayi dipeluk dekat dengan badan ibu, seluruh badan bayi ditopang, bayi mendekat ke payudara, hidung berhadapan dengan puting. Daerah gelap di sekitar puting (aerola) masuk banyak ke mulut bayi, terutama yang terletak di bagian bibir bawah bayi, mulut bayi terbuka lebar, dan dagu bayi menempel pada payudara.
  • Pada sesi praktek menyusui juga hadir Ibu Erry Sunarya Amd.Kep (bidan) dari Lombok Dua Dua – Lontar- Surabaya , memberikan contoh/  praktek menyusui yang benar.
pav7
Ibu Erry Sunarya
  • Dr. Stefanie SpKFR dari RS Nasional Surabaya, berbagi perawatan dan teknik memijat bayi. 
Pijat bayi memberikan manfaat untuk tumbuh kembang sang buah hati bila dilakukan secara rutin,  
memijat bayi secara benar dapat membentuk siklus tidur bayi lebih baik, menghilangkan kolik /keram perut, juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, keterampilan motorik, dan perkembangan intelektual emosi ikatan kasih sayang ibu dan buah hati.
  • Dr. Bambang Wirjatmadi MS MCN dari RS Husada Utama Surabaya, menyampaikan pembekalan perihal Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) :
pav13

Dr. Bambang Wirjatmadi

MP-ASI sebaiknya diberikan pada bayi ketika usia 6 – 24 bulan, dan secara bertahap, baik dilihat dari jenis makanannya, tekstur dan jumlah porsinya. Kekentalan makanan bayi dan jumlah harus disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan.
Bukan hanya nutrisi, stimulasi pun tak kalah penting.., stimulasi sebanyak-banyaknya sejak dini untuk mengoptimalkan kecerdasan bayi.
Menyadari betapa pentingnya ASI,  Philips AVENT; perusahaan yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang produk peralatan ibu dan bayi, berkomitmen mendukung para Ibu agar memberikan ASI eksklusif (6 bulan) hingga anak berusia 2 (dua) tahun.
 
Melengkapi acara kelas edukasi Philips AVENT memperkenalkan produk-produk unggulan seperti : pompa ASI, botol susu natural, alat steril botol susu, yang memanfaatkan teknologi canggih serta memberikan solusi terpercaya.
Info lengkap dapat diunduh di http://www.philips.com/newsleterr atau akun facebook @Philips AVENT.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam mendukung suksesnya pemberian ASI eksklusif..

Terimakasih Philips AVENT.. teruslah menginspirasi dan terus berinovasi sehingga mampu menjadi sahabat bagi para ibu dan ayah, senantiasa mendukung dalam merawat si buah hati.

pav2

 

#ibunyamanASIlancar

 

 

 

Advertisements

One response to ““Philips AVENT New Parent Class” – Menjadi Momentum Dalam Pekan ASI Sedunia 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s