Mau Gak Tekor? Terapkan Teknik Eco Driving Bersama Mobil123.(dot)Com

Hai mobilovers siapa nih yang belum mahir dalam menyetir mobil ?  atau justru sudah sangat jawara / mumpuni dalam mengendarai si kuda besi ^.^

Pada kenyataannya mobilovers baik sang pemula maupun sang ahli berkendara pastinya memikirkan banyak teknik, bagaimana agar bisa menghemat waktu dan biaya ввм (bahan bakar mobil), juga mampu menambah tingkat keselamatan yang tinggi, serta mengurangi polusi.., yang dalam bahasa kekinian dikenal dengan istilah “Eco Driving”.

mobil12

Eco Driving – mobil123.com

Tepat di Hari Pahlawan 10 November 2016 dan berlokasi di Kota Pahlawan, mobilovers perwakilan blogger dan media berkumpul bersama di 1903 Resto / Buro Cafe – Surabaya, untuk mengikuti talkshow seputar Eco Driving yang diadakan oleh Mobil123.Com sebagai Portal Otomotif No.1 di Indonesia,  wadah yang mempertemukan penjual dan pembeli mobil secara online “Terbesar Dan Terpercaya” yang sudah dijamin kredibilitasnya.

mobil8

Portal Otomotif No.1 di Indonesia

 

Setelah ramah tamah dengan suasana yang syahdu – diiringi alunan musik indah.., membuat mobilovers yang hadir menjadi ⓢ⒠ⓜ⒜ⓝ⒢ⓐ⒯ ♡ kembali.. eng ing eng.. acara intipun dimulai ;

  • Bp. Alif Priyono selaku Country Manager @Mobil123ID membuka acara dengan salam, sambutan dan rangkaian terimakasih juga harapan semoga kedepan lebih banyak lagi mobilovers yang mampu menerapkan Eco Driving bersama Mobil123.Com. ‎
mobil6

Bp. Alif Priyono

 

Bp. I‎ndra Prabowo, Managing Editor Mobil123.Com melanjutkan sesi talkshow dengan berbagi mengenai kondisi meningkatnya populasi kendaraan bermotor dari tahun ke tahun di seluruh dunia. Hal ini pula yang menjadi dasar dilaksanakannya gelaran acara seputar Eco Driving.

 

Mobilovers mungkin tidak bisa merubah dunia tapi mobilovers mampu memberi sumbangsih untuk mengantisipasi efek rumah kaca yang bisa menjadi bencana terbesar bagi bumi.

mobil15.jpg

Bp. Indra Praabowo

Lebih lanjut Bp. Indra menyampaikan beberapa poin ; hal apa yang bisa segera dilakukan bagi mobilovers dan para produsen kendaraan untuk mengurangi efek emisi rumah kaca, diantaranya :

  • Rekayasa Teknologi : mesin kendaraan yang mampu meningkatkan efisiensi ввм,  juga mereduksi CO2.
  • Penggunaan bahan bakar alternatif, seperti : bahan bakar gas.
  • Juga yang tidak kalah penting ; pemahaman perilaku dalam berkendara dan dalam merawat kendaraan sehingga tercipta generasi Eco Driving.

 

mobil14

Eco Driving dok. mobil123.com

Bp. Sugihendi wakil dari Nissan College-Nissan Training Center, mengisi sesi kedua perihal Eco Driving.

 

Selain Eco Driving, mobilovers diajak untuk mengenal istilah :

Defensive Driving : Mengemudi untuk menyelamatkan nyawa, waktu & uang (dari bahaya yang timbul).

Safety Driving : Mengemudi aman & selalu berpikir jauh kedepan serta waspada terhadap segala resiko yang terjadi.

Eco Driving : Mengemudi agar bisa menghemat waktu dan biaya ввм (bahan bakar mobil), mampu menambah tingkat keselamatan yang tinggi, serta mengurangi polusi.

mobil4

Bp. Sugihendi

 

Lalu mengapa mobilovers diharapkan mampu menjadi pengemudi yang Eco-Driving ?

Bp. Sugihendi menjawab :

  1. Biaya : Menghemat bahan bakar/uang dalam jangka panjang, dan biaya pemeliharaan kendaraan menjadi lebih rendah.
  2. Lingkungan : Mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2), juga mengurangi polusi udara.
  1. Sosial : Berkendara menjadi lebih bertanggungjawab. Mengurangi tingkat stress saat berkendara, dan meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.
  1. Keamanan : Mengurangi resiko kecelakaan, meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Jadi tidak salah jika mobilovers memilih Eco Driving dalam berkendara ya ♥

Bp. Sugihendi dalam pemaparan berikutnya berbagi mengenai tahapan sebelum berkendara, mobilovers diingatkan untuk :

mobil10

Eco Driving dok.mobil123.com

  1. Menggunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang di sarankan oleh produsen mobil (dapat dilihat di buku manual). Untuk nilai oktan yang disarankan adalah 90 ke atas, yang terdapat dalam ввм Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo. Nilai oktan ввм akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga dapat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin dan akan menghasilkan gas buang yang lebih bersih.
  1. Periksa tekanan angin ban sebelum berkendara, jika tekanan kurang maka bisa menyebabkan keausan ban yang tidak normal dan boros bahan bakar.
  1. Hindari muatan yang berlebihan. Membawa beban lebih berat dibutuhkan tenaga yang lebih besar pula sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak/boros. Keluarkanlah barang-barang yang tidak diperlukan dari mobil.
  1. Service mobil secara berkala, dengan melakukan perawatan  berkala diharapkan kendaraan mobilovers selalu dalam kondisi maksimal.
mobil11

Eco Driving dok.mobil123.com

 

 

Dan masih dari pemaparan Bp. Sugihendi tiba pada pembahasan Eco Driving Skill ; teknik mengemudi bagi mobilovers dengan Eco Driving :

  1. Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap). Hindari start dengan akselerasi tinggi, jika dirasa tenaga sudah cukup, segera pindahkan ke gigi yang lebih tinggi (transmisi manual). Akselerasi mendadak dapat mengakibatkan terjadinya konsumsi bahan bakar secara berlebihan.
  1. Hindari membebani mesin atau putaran mesin berlebihan, Untuk transmisi manual, gunakan posisi roda gigi yang sesuai dengan kondisi jalan. Sebaiknya pindah gigi di 2000 RPM untuk menjaga agar tetap ekonomis tanpa harus kehilangan torsi untuk menggerakkan kendaran. Untuk transmisi otomatis putaran mesin dapat dijaga di sekitar2000 RPM, agar pemakaian bahan bakar dapat optimal.
  1. Antisipasi terhadap kondisi lalu lintas , hindari berkendara dengan sering berhenti dan berangkat lagi (Stop & go / gas – rem) hal ini membuat bahan bakar lebih boros. Selalu ingat dan berikan jarak aman juga ya mobilovers.
  1. Jangan meletakan kaki pada pedal kopling saat berkendara /setengah kopling. Hal ini bisa  menyebabkan keausan kopling lebih cepat, kopling menjadi terlalu panas (selip), dan boros bahan bakar.
  1. Hindari pengereman tidak perlu / mendadak. Sebisa mungkin gunakan engine brake untuk mengurangi kecepatan.
mobil13

Eco Driving dok.mobil123.com

 

  1. Pertahankan pada kecepatan yang cukup wajar sekalipun berkendara di jalan tol. Apabila mobilovers berkendara semakin lebih cepat, konsumsi bahan bakar semakin lebih boros.
  1. Hindari mesin idling (menyala dalam kondisi netral) terlalu lama. Sebaiknya matikan mesin kendaraan jika sedang menunggu lama atau berhenti pada waktu lama, dan kemudian dihidupkan lagi.
  1. Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperature tidak terlalu dingin, suhu AC disarankan diset pada suhu medium (tengah/sedang), hal ini untuk mengantisipasi mesin mobil menjadi terbebani terus menerus yang berdampak semakin panasnya kompresor mobil.
  1. Tutup jendela pada kecepatan tinggi. Mengemudi dengan jendela terbuka dengan kecepatan tinggi akan menganggu aerodinami kakendaraan dan menurunkan nilai ekonomis bahan bakar.
  1. Jangan bertindak agresif, santai saja dalam mengemudi, antisipasi waktu berkendara dan jarak tempuh, jangan mepet sehingga mobilovers tidak perlu terburu-buru, usahakan pikiran tetap fokus dan tenang agar  tidak mudah terbawa situasi juga terpancing untuk menjadi pengemudi agresif. Ingat-ingat yaa mobilovers  untuk mengemudi secara ekonomis, Eco Driving Skill.
  1. Hindari pengisian bahan bakar dengan cara dicampur / dioplos ; misalnya separuh pertamax – separuh pertalite, karena hal ini tidak akan membuat bahan bakar menjadi homogen (bersatu) justru menjadi cepat kotor dan tentu saja berdampak pada keawetan mesin mobil.
mobil3

Bp. Habibi (di tengah)

Di akhir acara Bp. Habibi Marketing Manager Mobil123.Com area Surabaya-Malang, yang berkantor di gedung Graha Bumiputera I – Jl. Raya Darmo No 155-159, Surabaya, ‎menutup rangkaian talkshow dengan mengajak mobilovers untuk bisa mendapatkan layanan jual beli yang sudah terjamin dan terpercaya, melalui‎ Mobil123.Com dengan slogan “Terbesar dan Terpercaya” yang merupakan komitmen Mobil123.Com untuk terus berusaha menjadi brand terbaik.‎

 

Jadi mau gak tekor? Mari lebih bijaksana dalam berkendara  ya mobilovers, sesuaikan dengan kemampuan, dan bersama mewujudkan Eco Driving, yakin dan percaya mobilovers pasti bisa. ♥

Terimakasih Mobil123.Com , Terimakasih Nissan, Terimakasih Teteh Ani Berta,salam Eco Driving, salam All the best, sukses sentiasa menyertai.., Aamiin YRA

 

 

Advertisements

12 responses to “Mau Gak Tekor? Terapkan Teknik Eco Driving Bersama Mobil123.(dot)Com

    • Setujuuuu мϐä Tikhaaa ♥ – kalau dapat info lengkap gini pengen belajar nyetir lagi.., tp masih trauma, ndredeg мϐä, apalagi kl mobil manual yg kl salah injak kopling terus mati..- gupuh… jadinya :))

  1. Saya sendiri sudah ngasih tahu ayahnya Salfa buat bener-bener praktekin Eco Driving ini. Kadang gemes kalo dia sering ngerem mendadak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s