Inonesia Merdeka Diare Bersama Prof. Nutri Sarihusada

Semangat pagiii.. – teruntuk seluruh Bunda yang luar biasa.. dapat salam hangat dari Prof. Nutri,  salam #IndonesiaMerdekaDiare

Siapakah Prof. Nutri ? Nah untuk Bunda yang ingin mengenal lebih dekat .. bisa langsung berkenalan melalui video Prof. Nutri yang diunggah di :

Pada video yang ditayangkan secara menarik dan edukatif, Prof. Nutri akan menyampaikan beberapa hal penting untuk Bunda seputar diare, mulai dari penyebab, pencegahan, penanganan dan hal penting seputar diare agar ananda terhindar dari dehidrasi akut juga kekurangan gizi saat mengalami diare.

nc1

Indonesia Merdeka Diare bersama Prof. Nutri

Memang ya Bunda.. untuk kebanyakan kita para Ibu seringnya masih menganggap diare adalah penyakit umum biasa, padahal sejatinya sakit diare harus mendapat perhatian khusus dan penanganan yang tepat, karena ternyata diare menjadi penyebab kematian kedua tertinggi di Indonesia.. sedih ya Bun.

Hal ini menjadi salah satu dasar bagi Nutricia Sarihusada untuk mengkampanyekan Indonesia Merdeka Diare.

Selain aktif melalui media sosial dengan Prof. Nutri sebagai “bintang utama”, Nutricia Sarihusada juga menggelar kampanye edukasi “Indonesia Merdeka Diare” yang bertujuan untuk memberikan pedoman kepada ibu dalam mengatasi diare pada anak.

Gelaran acara yang dilaksanakan di FairField By Marriot Hotel Surabaya, pada hari Kamis -14 September 2017 diawali oleh paparan medical expert,

dr.Andy Darma, SpA(K) :
Bunda tentu saja harus mewaspadai penularan wabah diare ini ya.., sungguh harus sangat hati-hati oleh penyebab terjadinya diare, selain pola hidup sebagian masyrakat kita yang masih bab (buang air besar) di sungai /udara terbuka, Virus Rotavirus menjadi penyebab umum dari penyakit diare pada bayi dan anak-anak di seluruh dunia.

nc2

dr.Andy Darma, SpA(K) 

dr. Andy menjelaskan Rotavirus adalah jenis virus yang menginfeksi usus dan
Virus Rotavirus dapat menyebar dengan mudah pada ananda balita ketika terjadi kontak melalui tangan atau mulut, ananda terinfeksi setelah menyentuh benda yang terkontaminasi, termasuk makanan, mainan, dan peralatan lainnya.

Untuk itu.. budaya mencuci tangan jangan pernah lagi kita pandang sebelah mata ya Bunda.., harus kita budayakan mencuci tangan setelah beraktivitas, terutama sebelum makan, setelah kembali dari kamar mandi, atau setelah mengganti popok bayi.

Tetapi budaya mencuci tangan saja belum menjamin berkurangnya penyebaran virus rotavirus, maka vaksinasi / imunisasi juga menjadi usaha kita sebagai pencegahan efektif dalam melawan infeksi rotavirus.

dr. Andy juga mengingatkan :

• Penanganan yang salah pada anak yang diare bisa berdampak pada pertumbuhan tubuh dan IQ anak, bahkan bisa berujung kematian. Anak-anak yang kerap mengalami diare cenderung memiliki tinggi tubuh lebih pendek 3,6 cm pada usia 7 tahun, IQ nya pun lebih rendah dibandingkan anak-anak tidak pernah terkena diare.
wah.. jadi kepikiran ananda ya Bunda.., semoga ananda kita dijauhkan dari penanganan yang tidak tepat ini ya.


Lebih lanjut dr. Andy menjelaskan bahwa :

• Apabila ananda tidak mau makan dan minum, orangtua perlu mengusahakan asupan bernutrisi yang mudah diterima oleh anak. Untuk yang masih ASI (air susu ibu), tetap berikan ASI, karena ASI adalah yang terbaik.
• Konsultasikan ke tenaga medis.
• Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan ananda.
• Bila perlu, berikan nutrisi bebas laktosa sesuai rekomendasi tenaga medis dan cairan rehidrasi oral (oralit) adalah yang utama selain tambahan zinc.
• Selain itu, asupan nutrisi yang baik dapat mempercepat pemulihan fungsi usus normal, termasuk kemampuan untuk mencerna dan menyerap makanan yang masuk, serta memberikan energi untuk mempercepat proses pemulihan

nc6

#IndonesiaMerdekaDiare

Gelaran acara #IndonesiaMerdekaDiare ini juga menghadirkan mba Husna Ika Putri Sari yang sekilas jika melihat postur tubuh nya masih terlihat imut dan cantik .. tetapi ternyata seorang bunda yang sudah memiliki 2(dua) putra.. wah tidak menyangka yaa ^.^

Mb Iput begitu beliau biasa disapa berbagi pengalaman di saat ananda terserang diare. Kepekaan orang tua terhadap keadaan anak saat diare sangat penting, karena saat diare, berat badan anak akan berkurang. Karena itu diperlukan asupan nutrisi yang baik pada saat dan setelah diare, sehingga anak dapat mengejar pertumbuhan fisiknya.

nc4

mba Husna Ika Putri Sari

Memasuki sesi selanjutnya, hadir Ibu
Nabhila Chairunissa, Digestive Care Manager – Nutricia Sarihusada.

Ibu Nabhila menyampaikan :

Nutricia Sarihusada melalui kampanye edukasi “Indonesia Merdeka Diare” adalah langkah nyata komitmen perusahaan terhadap nutrisi untuk bangsa agar anak Indonesia dapat menjadi anak generasi maju.
Kami berharap melalui kampanye edukasi ini :
• akan membuat banyak ibu yang semakin mengerti penanganan tepat diare pada anak.
• informasi penting yang menjadi bekal ibu untuk dijadikan pedoman mengatasi diare pada anak dan pengingat bagi ibu saat anak mengalami diare.
• dengan pengetahuan yang memadai, ibu dapat memberikan penanganan yang tepat saat anak menderita diare untuk tetap menjaga tumbuh kembang yang optimal agar anak Indonesia dapat menjadi anak generasi maju yang merdeka dari diare.

Sungguh merupakan usaha dan harapan yang sangat mulia, semoga sukses sentiasa mengiringi Sarihusada nutrisi untuk bangsa.

nc3

Nabhila Chairunissa, Digestive Care Manager – Nutricia Sarihusada

Agenda acara kampanye edukasi “Indonesia Merdeka Diare” dikemas dengan sangat apik.. membuat peserta yang hadir tidak bosan dan bertambah semangat.
Dengan dilaksanakannya games yang menggunakan media online (aplikasi Kahoot) dimana peserta diharuskan menjawab pertanyaan dengan memilih mitos atau fakta, peserta diajak belajar untuk tidak hanya mendengar ataupun mempercayai mitos (katanya) tetapi harus mencari fakta tentang hal seputar diare juga melalui lomba live tweet dan live instagram.. acara menjadi meriah dan pecaaahh..

Nah…. Bunda mari berpartisipasi aktif dengan menjadi bagian dari kampanye edukasi “Indonesia Merdeka Diare” yaa.., jangan lupa untuk menyapa Prof. Nutri dan sampai jumpa di di kota selanjutnya.., terimakasih ya Bunda.. tetap semangat.

nc5

salam #IndonesiaMerdekaDiare

Advertisements

3 responses to “Inonesia Merdeka Diare Bersama Prof. Nutri Sarihusada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s