MAN 2 Kota Malang eks MAN 3 Malang

Pergantian Nama 

Menjelang pendaftaran sekolah untuk tahun ajaran 2018/2019, khususnya bagi orang tua yang ingin mendaftarkan ananda sekolah di MAN 3 Malang, hati-hati dan mohon lebih teliti ya.. karena sekarang namanya sudah berganti menjadi MAN 2 Kota Malang.

20180118_060818.png

 

Pada saat acara silaturahim dan pembagian hasil raport siswa yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2018 bertempat di aula sekolah, Ibu Kepala Sekolah, Dr. Hj. Binti Maqsudah, M,Pd mengumumkan bahwa : Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang kini resmi berganti nama menjadi MAN 2 Kota Malang.

Acara pergantian nama ini sebetulnya sudah lebih dulu diumumkan pada tanggal 24 Desember 2017, bertepatan dengan acara reuni MAN 3 Malang angkatan 1993–2017.

20180120_102955.png

 

Menurut Ibu Binti ; pergantian nama ini tak lepas dari pemekaran daerah di Malang. Dulunya daerah Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, namun karena sekarang Kota Batu sudah otonom, maka MAN 2 Malang berubah nama menjadi MAN Kota Batu, karena hanya ada satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Batu.

Lebih lanjut Ibu Binti juga menyampaikan bahwa sesuai Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 673 Tahun 2016, selain MAN 3 Malang, maka terdapat pergantian nama juga untuk :

  • MAN Gondanglegi berubah nama menjadi MAN 1 Malang,
  • MAN Turen berubah menjadi MAN 2 Malang, dan
  • MAN Sumberoto menjadi MAN 3 Malang.

IMG_20171107_131112_697

Jadi jangan sampai tertukar ya, karena ada juga MAN 2 Malang yang berlokasi di Turen, tanpa ada “Kota” dan ada MAN 3 Malang yang berlokasi di Sumberoto.

Mohon untuk lebih teliti dan hati-hati, khususnya pada saat pengisian lembar formulir pendaftaran : bahwa nama yang sekarang adalah MAN 2 Kota Malang eks MAN 3 Malang berlokasi di Jl. Bandung 7,

semoga semua proses untuk menggaungkan pergantian nama ini sentiasa dilancarkan, membawa manfaat barokah.. dan dalam naungan ridho Allah, Aamiin.

repost_temp.png

 

Syarat Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Prestasi

 

PPDB Jalur Prestasi 2018/2019 :

a. Jalur Akademik :

Jalur ini disediakan untuk siswa dari MTS/SMP yang memiliki prestasi akademik sebagai ;
– juara I, II, III minimal tingkat Propinsi
– juara I tingkat Kabupaten/Kota yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD, KEMENAG, LIPI dan lembaga lain yang sederajat.
Sebagai bukti harus melampirkan foto copy sertifikat yang berkaitan dengan hal tersebut.

b. Jalur Non Akademik :

Jalur ini disediakan untuk siswa dari MTS/SMP yang memiliki prestasi non akademik (bulu tangkis, tenis meja, lari, futsal, bola volley, catur, pidato, MTQ, desain grafis, kaligrafi, musik, Karya Tulis Ilmiah) sebagai juara I, II, III minimal tingkat Propinsi yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUD, KEMENAG, LIPI dan lembaga lain yang sederajat,

– serta bagi siswa yang hafidz minimal 10 juz.
Sebagai bukti harus melampirkan foto copy sertifikat atau surat keterangan dari lembaga yang terkait.

c.  Bagi Madrasah/Sekolah dengan Terakreditasi A, yang memiliki rombongan belajar lebih kecil atau sama dengan 6 setiap tingkatnya, dapat mendaftarkan siswanya yang berperingkat/rangking 1-3 (paralel), dan bagi yang memiliki rombongan belajar lebih besar dari 6 setiap tingkatnya, dapat mendaftarkan siswanya yang berperingkat/rangking 1-9 (paralel), dengan melampirkan Surat Keterangan peringkat/rangking paralel sebanyak rombongan belajar dari madrasah/sekolah yang ditandatangani Kepala Madrasah/Sekolah.

d. Siswa yang memiliki sertifikat juara 1, 2 dan 3 OSN, KSM, AKSIOMA, MTQ tingkat nasional, dan hafidz minimal 20 juz, dibebaskan dari biaya pendidikan madrasah dalam tahun pertama dan akan ditinjau kembali pada tahun berikutnya oleh Komite MAN 2 Kota Malang eks MAN 3 Malang.

20180118_142727.jpg

  • Berkas yang di perlukan :

– foto copy akte kelahiran,
– foto copy kartu keluarga, foto 3×4
– foto copy raport kelas VIII dan IX (legalisir),
– foto copy kartu pelajar SMP/MTs,
– print-out NISN,
– sertifikat asli atau foto copy kejuaraan (jalur prestasi akademis dan non akademis),
– surat keterangan peringkat paralel dari MTs / SMP (bagi jalur prestasi akademis ) serta surat keterangan Sekolah / Madrasah Akreditasi A (prestasi akademis, untuk jalur peringkat pararel ).

20180118_060619

Sekiranya calon peserta didik telah melengkapi syarat administrasi maka akan mengikuti tahapan ujian tertulis dan wawancara.

Untuk pengalaman tahun lalu ananda mengikuti rangkaian tes selama 2 hari, diantaranya : tes umum, tes peminatan, tes membaca dan menulis Al Qur’an, sehingga kami dan calon siswa lain yang berdomisili di luar Kota Malang (mulai Sabang hingga Papua) harus mencari penginapan terdekat.

 

PPDB Jalur Reguler : 

20180406_144304.png

Untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi link dari MAN 2 Kota  Malang sebagai berikut :

 

 

 

PSBB (Pusat Sumber Belajar Bersama)

Jadi pada saat pendaftaran sebaiknya langsung memesan kamar disesuaikan dengan jadwal tes ananda. Beruntungnya kami masih mendapat ketersediaan kamar di PSBB (Pusat Sumber Belajar Bersama) yang memang masih merupakan bagian dari sekolah, berikut alamat dan kontak yang bisa dihubungi :

Dengan harga yang terjangkau, fasilitas di PSBB sangat memuaskan, dengan pelayanan yang ramah, syar’i, dan tentu saja memudahkan ananda karena gedung PSBB terhubung dengan lokasi sekolah dan Ma’had.

 

Ma’had Al-Qalam

Untuk calon siswa yang berminat mendaftar di Ma’had Al-Qalam atau lebih familiar dengan istilah “pondok pesantren” juga harus mengikuti tes dan wawancara, juga mengisi lembar komitmen, yang jadwal pendaftaran dan tes nya bersamaan dengan jadwal PPDB.

Bersyukur ananda lulus, bisa menjadi bagian dari asrama dan bimbingan untuk “nyantren” / “mondok” , belajar mandiri di Ma’had Al Qolam.

Adapun bagi siswa yang dinyatakan  belum lulus Ma’had maka bisa mencari kos terdekat atau tinggal bersama keluarga/kerabat.

 

 

Seluruh keluarga besar MAN 2 Kota Malang eks MAN 3 Malang berharap pergantian nama ini tidak menurunkan prestasi sekolah, dan justru membawa kebanggaan baru yang membuat nama MAN 2 Kota Malang lebih eksis dan kualitasnya semakin meningkat, barokah dunia akhirat..

Selamat berjuang dan semoga kita sentiasa saling mendo’akan untuk masa depan ananda kita, semoga ananda kita mampu menjadi generasi yg dirindukan syurga.., yang di pundaknya ada titipan amanah ..Aamiin *inshaAllah..

terimakasih banyak, maturnuwun untuk supportnya semua – salam Barokallah 😇💐🌻🌺

sumber info :
*dok.pri
* man2kotamalang.sch.id

 

 

Advertisements

12 Comments Add yours

  1. woo harus hati2 banget pas ngisi formulir PPDB ya.

    1. njih leres mba .. sak’aken yang para alumni juga.. spt kehilangan nama yang sdh membesarkan..

      smg sentiasa barokah..Aamiin, nuwun sanget mba April 😇

  2. Start pendaftaran sdh dimulai jauh2 hari sblm ppdb pada umumnya ya mba mita…kayak sekolah swasta. Apa krn sekolah favorit ya?

    1. siap.. inshaAllah mba Reni – khusus untuk jalur prestasi memang dibuka lebih awal..

      spt pengalaman ananda tahun lalu, walaupun sudah memiliki prestasi tetap mengikuti rangkaian tes.. dan hanya diterima sesuai porsi..

      baru nanti dibuka gelombang kedua yang jalur reguler..,

      calon siswa sungguh tersebar mulai Sabang hingga Papua mba..- smg bisa istiqomah mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi.. – Aamiin

      maturnuwun sanget mba Reni, Barokallah

  3. dwi sari says:

    Karena berubah menjadi dartah otonom, nama sekolah pun otomatis ikut berubah ya mbak hmmmmm.

    1. njih mba Ning.. sebtulnya berat ya.. dan sangat disayangkan – banyak yg sedih dan kecewa, tapi harus mengikuti aturan yg ada.. – smg saja tdk banyak yg salah isi form nantinya ..- nuwun sanget ya mba Ning .. 😇⚘

  4. Abdul Syahid says:

    Anak kami lulus seleksi termasuk seleksi di ma’had. Mohon info biaya spp, asrama, dll. Terima kasih.

    1. untuk pengalaman tahun lalu – ada pertemuan dengan komite sekolah dulu Bapak, baru nanti disepakati biaya2 nya – inshaAllah untuk tahun lalu kurang lebih 13 juta sudah termasuk Ma’had – dan untuk spp MAN + Ma’had perbulan 990 rb – adapun ini belum termasuk biaya makan siang – krn di Ma’had hanya 2x makan pagi dan malam – juga belum termasuk biaya laundry – jadi nanti disesuaikan kebutuhan ananda – smg bisa diterima , terimakasih banyak, salam silaturahim

  5. Tri Andari says:

    Untuk dapat masuk ma’had syarat dan seleksinya bagaimana?

    1. Untuk syarat dan seleksinya berbarengan dengan jalur PPDB .. adapun tes nya ananda harus didampingi oleh orangtua, karena nanti akan ada wawancara dan sinkronisasi /kecocokan antara ananda dan orang tua,

      pengalaman tahun lalu ; tes dilaksanakan selama 2 (dua) hari,
      hari pertama : tes mata pelajaran umum,
      hari kedua : tes mengaji (membaca dan menulis) juga tes Ma’had.

      Demikian, smg dpt membantu dan sukses utk ananda bisa diterima njih .. Aamiin

  6. Hemas says:

    Mohon maaf mau bertanya, apakah kalo masuk ma’had diperkenankan membawa alat komunikasi seperti hp? Terimakasih sebelumnya

    1. Siap, untuk HP dan Laptop diperkenankan dibawa tetapi memang ada aturan dalam pemakaian, seperti hp yang bisa digunakan saat ada jadwal kepulangan / libur, begitu juga laptop digunakan ketika ada pelajaran yg memang memerlukan laptop, atau pada saat mengerjakan tugas.

      Untuk kelancaran komunikasi, setiap Sabtu + Minggu ada fasilitas “KBU” – kamar bicara umum, jadi bisa menghubungi ananda melalui no kbu

      atau bisa juga menghubungi wali kamar Ma’had, demikian, smg bisa diterima, salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s