Campina Es Krim Legendaris Indonesia Sejak 1972

Add a special moment to your family’s life,
Add something nice to everyday..
Add a special moment, refreshment that’s right..
Add a special moment right now.
Add something nice, at a special moment to everyday

Campina istimewa di setiap suasana.

Sahabat Campina pasti masih ingat ya dengan lirik lagu (jingle) es krim Campina ini, dengan iringan musik yang memiliki ciri khas, es krim ini sudah menjadi es krim legendaris di Indonesia, yang pada tanggal 22 Juli lalu es krim Campina tepat merayakan hari jadi yang ke 46 tahun.., wah sudah hampir memasuki “golden age” ya.

Tentu sahabat Campina bangga dengan es krim yang merupakan produksi dalam negeri lebih tepatnya asli Surabaya..ini, dan Kompasiana pun mendapat kesempatan untuk bisa mengenal lebih dekat dengan es krim Campina.

20180731_090733-01-01.jpegPada hari Selasa, 31 Juli 2018 Kompasiana sebagai sahabat Campina hadir di pabrik es krim Campina dalam rangka :

“Kenal Lebih Dekat dengan Campina, Es Krim Legendaris Indonesia.”

Sebelum masuk ke dalam pabrik, sahabat Campina berbaris rapih untuk mendapat arahan dari Ibu Anis mengenai peraturan dan tata tertib selama berada di dalam area pabrik, diantaranya :
– semua peserta wajib memakai sepatu dan kaos kaki,
– dilarang menggunakan sandal,
– dilarang merokok,
– dilarang meludah sembarangan,
– dilarang memotret tanpa ijin
– dilarang membuang sampah sembarangan,
– gunakan jalur pejalan kaki yang telah disediakan, tidak boleh melewati garis kuning,
– mencuci tangan setiap keluar dari kamar mandi,
– wajib menggunakan baju yang bersih dan sopan,
– utamakan keselamatan.

Screenshot_20180801-135510_Video Player-01.jpeg

Selanjutnya sahabat Campinapun dipersilahkan masuk dengan terlebih dulu membersihkan tangan memakai “hand sanitizer” yang telah disediakan.

 

Lokasi Pertama ;

Sambutan hangat sahabat Campina rasakan pada saat memasuki lokasi pertama, area yang ditata layaknya ruang tamu tetapi dilengkapi dengan benda bersejarah dari es krim Campina, mulai dari cetakan cone generasi pertama, tangki air yang pernah digunakan untuk membuat es krim pertama kali, juga sepeda es krim Campina. Pasti banyak peristiwa/memori yang mengiringi kisah benda-benda jaman “yes”terday ini.

 

20180731_115951-01.jpeg

20180731_090401-01.jpeg
Lokasi Kedua ;

adalah ruang Concerto, area yang ditata layaknya bioskop kecil, dan di sini sahabat campina mendapat penjelasan materi tentang es krim Campina juga melihat tayangan video sejarah es krim Campina.

PicsArt_08-01-01.18.41-01.jpeg
Sesi pertama disampaikan oleh Bp. Mustofa Saadji selaku Brand Manager Campina yang memberikan pemaparan lengkap tentang ragam produk es krim Campina yang merupakan es krim yang bermutu tinggi, mulai dari produk es krim untuk anak-anak (Kid’s product), es krim untuk remaja (Teen’s & Adult’s product), es krim untuk keluarga (Family pack), es krim untuk pesta/acara ulang tahun (Bulk 5 liter), sampai Ice Cream Cake.

Berikut adalah produk utama dari Campina:

  • Hula-Hula Kacang Hijau dan Ketan Hitam ; es krim dengan cita rasa asli/lokal Indonesia yang dikemas secara modern dan kekinian.
  • Heart ; es krim berbentuk hati (love) dengan rasa nimat dan lembut untuk rayakan hari penuh cinta.

20180731_124413-01.jpeg

  • Campina Marvel ; es krim dengan bentuk tokoh pahlawan terkenal seperti Spiderman dan Iron Man, brave in a food way.
  • Campina Spongebob ; es krim yang enak, lezat, dan seru, membuat suasana jadi lebih ceria, seperti karakter SpongeBob.
  • Campina Concerto ; Es Krim dengan cone yang padat dan renyah. Di isi dengan es krim lembut dengan rasa yang bervariasi dan kekinian.
  • LuVe Litee ; Es krim pertama di Indonesia dengan Soy Milk. yang merupakan es krim low fat dan 100% non-dairy pertama di Indonesia. Produk LuVe Litee pun menjadi pilihan utama bagi konsumen yang menjalani diet, bergaya hidup vegan dan lactose intolerance.

IMG_20180731_215850_035-01.jpeg

  • Happy Cow ; dengan segala manfaat susu, serta pilihan paduan rasa untuk membuat anak-anak ceria, kreatif dan berenergi.
  • Fantasy dan Petite ; dibuat dengan rasa buah yang menyegarkan dan asik untuk dinikmati bersama teman.
  • Tropicana ; Es krim dengan krim susu nikmat serta coating cokelat yang tebal kaya rasa dengan potongan kacang yang lezat.
  • Big Time Bola ; aktif, dinamis, playful, like football/soccer.

20180731_130211-01-01.jpeg

  • Juga tersedia dalam ukuran ;
    – Family Pack, 700ml (Chocolate Vanilla Choco Chunk, Berry Sensation, Blueberry Choco Chunk, Chocolate Brownies, Chocolate Chunk, Choco Truffle, Coffee Raisin, Hula Hula Durian, Hula Hula Kopyor, Hula Kacang Hijau-Tape Ketan Hitam, Neapolitan, Raisin, Vanilla, dan Strawberry),
    – 5 liter, (Vanilla Choco Chunk, Blueberry, Durian, Kacang Hijau,Vanilla Choco Fudge, Tape Ketan Hitam, Strawberry, Swiss Style Chocolate, Vanilla, dan Frambozen/Kopyor),
    – 8 liter,
    Es krim dengan berbagai paduan rasa untuk kreasi es krim ataupun disajikan saat bersama-sama.

IMG_20180731_215850_032-01.jpeg

Selain produk di atas, Campina memiliki produk yang bisa didapat melalui pemesanan online yaitu ;
• Es krim Cake, es krim kue kombinasi, cocok untuk merayakan moment spesial bersama dengan keluarga dan yang tersayang, tersedia beberapa varian ; Cassata, Blackforest, Raisin Truffle, Opera, dan Sweetheart Chocolate,
• Es Krim Potong, es krim potong merupakan camilan pilihan untuk keluarga ataupun teman di waktu santai.
Sesi kedua disampaikan oleh Bp. Karyono selaku Marketing Manager Campina, beliau berbagi info mengenai sejarah berdirinya es krim Campina ;

20180731_102528-01.jpeg

– Pada tanggal 22 Juli 1972, Bapak Darmo Hadi Pranoto beserta istri, mulai membuat es krim Campina di garasi rumahnya yang terletak di Jl. Gembong Sawah, Surabaya, bersamaan dengan berdirinya CV Pranoto.

– Pada tahun 1973, CV Pranoto berubah nama menjadi PT Pranoto Pancajaya sehingga bertambah terkenal dan menjadi es krim pilihan favorit masyarakat, juga menjadi agenda kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur almarhum Bp. H. M. Noer ke pabrik Campina Gembong Sawah, beliau turut bangga dan sangat mendukung karena es krim Campina menjadi satu-satunya industri es krim rumahan yang dinilai berkembang pesat.

– Pada tahun 1984, Campina memindahkan pabriknya ke
PT Campina Ice Cream Industry Tbk,
Jl. Rungkut Industri 2 No.15,
Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur 60292
Telp : 031-8432247/ 031-8432673

Fax : 031-8437120

– Pada tahun 1994, Bp. Sabana Prawirawidjaja pemilik PT Ultrajaya Milk Industry berpartisipasi dalam kepemilikan saham sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Campina Ice Cream Industry, hingga saat ini.

20180731_083148-01-01.jpeg
Pemaparan selanjutnya Bp. Karyono juga menjelaskan mengenai lingkungan pabrik yang menerapkan gaya hidup sehat / go green, diantaranya dengan diterapkannya ;
– roof top organic garden (kebun organik di atas atap) di lingkungan pabrik,
– pengolahan sampah menjadi kompos,
– gaya hidup sehat yang diwujudkan dengan menu vegan/vegetarian yang menjadi menu wajib di kantin karyawan setiap hari.
– dan prinsip go green yang diterapkan di semua departemen Campina,
yang lebih istimewanya dengan membeli es krim campina kita sekaligus mendukung gerakan “go green” – gerakan menyelamatkan bumi – gerakan stop pemanasan global, komitmen sahabat Campina dalam ikut serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.
.
ikut bangga ya.😍😇😇🍦🍦🍦

20180731_110503-01.jpeg
Agenda acara pun dilanjutkan untuk melihat langsung area pabrik es krim Campina, mulai dari ruang laboratorium, proses produksi, pengepakan hingga penyimpanan.

Dengan didampingi Ibu Anis, sahabat Campina bisa melihat betapa bersih dan higienis-nya pabrik es krim Campina, juga tertata dengan rapi.
Mulai dari pos keamanan hingga toilet, pada saat menggunakan toilet harus memakai kaos kaki ya sahabat Campina, sungguh sangat terjaga kebersihannya.

20180731_103910-01.jpeg
Oh iya jangan coba-coba melanggar ya, karena ada cctv yang mengawasi.

 

Lokasi Ketiga ;

ruang laboratorium, sahabat Campina bisa menyaksikan secara langsung proses QC (quality control) produk melalui beragam tes yang diujikan, sehingga terjamin mulai dari bahan baku, Campina berusaha menggunakan produk yang terbaik.

20180731_120743-01.jpeg

Lokasi Keempat ;

kantin karyawan, semua menu yang dihidangkan di kantin karyawan es krim Campina tidak mengandung bahan atau produk dari hewan. Setiap harinya hanya disediakan menu vegan/vegetarian, tetapi jangan khawatir, dari segi rasa dan penampilan sangat lezat dan menyerupai daging, seperti sate yang ternyata terbuat dari jamur tiram, wah sehat-sehat ya karyawannya.

Screenshot_20180803-111503_Chrome-01.jpeg

Juga diterapkan kebijakan dilarang membuang nasi meskipun hanya satu butir, dan membuang sampah sesuai kategori seperti sampah plastik atau sampah tusuk sate, sepertinya tidak ada karyawan yang berani melanggar, karena ada cctv yang mengawasi.
Tetapi sahabat Campina pastinya sudah memiliki tingkat disiplin yang baik ya, sehingga memang menerapkan rutinitas dengan bijak, bukan karena merasa ada yang mengawasi.

 

Lokasi Kelima ;

Melihat secara langsung proses pengolahan produk dari mentah hingga pengepakan es krim Campina, dilengkapi mesin dan alat teknologi yang sudah sangat moderen, seluruh proses produksi dapat selesai hanya dalam hitungan menit, di sini sahabat Campina sudah tidak diperkenankan mengambil foto.

20180731_112727-01.jpeg

Lokasi Keenam ;

Ruang Pendingin/cold storage …

Sebelum memasuki ruang penyimpanan es krim Campina yang suhunya mencapai minus 26°C, sahabat Campina diharuskan untuk memakai jaket penahan dingin yang telah disediakan, juga menitipkan ponsel, kamera, peralatan elektronik lainnya, juga kacamata, karena suhu minus 26 derajat Celcius bisa merusak peralatan tersebut.

IMG_20180731_182658_433-01.jpeg

Suhu ini adalah suhu yang ideal untuk menyimpan es krim, sehingga tetap fresh sampai ke tangan pelanggan sahabat Campina di seluruh Indonesia.

Seru dan bahagia ketika sahabat Campina bisa merasakan dan melihat uap yang keluar dari mulut dan hidung, seolah-olah sedang berada di kutub., bbrrrr.. dingin sangat.

Walaupun es krim Campina yang disimpan dalam cold storage ini, masa berlaku/kadaluwarsanya bisa bertahan hingga 2 tahun, namun umumnya, setiap kali produksi, es krim Campina hanya tersimpan 2 minggu karena langsung habis dipasarkan.. laris maniss.

Untuk distribusi es krim Campina ke kantor cabang di seluruh Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Papua, kendaraan pengangkut sudah dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan untuk menjaga suhu ruangan dan kualitas produk tidak berkurang, juga alat “gps” untuk mengantisipasi jika terjadi kendala teknis seperti kendaraan yang mogok, yang nantinya akan segera didatangkan tim untuk membantu sehingga proses pengiriman tetap sesuai jadwal. Angkat topi untuk kesiapsiagaan es krim Campina.

IMG_20180731_183525_318-02.jpeg

 

Lokasi Ketujuh ;

Mencicipi es krim Campina,

Last but not least, akhirnya.. sesuai slogan es krim Campina

“Istimewa di setiap suasana”

sahabat Campina dipersilahkan untuk bisa mencicipi es krim Campina sepuasnya, semampunya, tapi ingat harus dihabiskan dan buang sampah bungkus es krim Campina pada tempat yang telah disediakan ya.

Akhirnya tibalah di penghujung acara,
terimakasih Campina, terimakasih Kompasiana, salam semangat sahabat Campina.

IMG-20180731-WA0007-01-01.jpeg

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi

Call Center Campina : 0807 100 7576 ( Tarif lokal )

Customer Care Campina : 0811 22 9300

atau kunjungi websitenya di

http://www.campina.co.id

“Campina Es Krim Legendaris Indonesia Sejak 1972”

20180731_180018-01.jpeg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s